I. TOPIK TRAINING

1. PEMULIHAN REMAJA YANG TERLUKA

     Kehidupan remaja sangat dekat dengan berbagai peristiwa yang indah dan menyenangkan. Sarat dengan aktivitas di luar rumah, kesempatan luas untuk mengembangkan diri, serta hal seru bersama teman-teman. Namun kehidupan remaja juga tidak seindah kenyataannya. Begitu banyak luka batin yang dapat terjadi di masa remaja, bahkan bisa jadi luka-luka itu sudah terjadi sejak masa kecil.
Dipukul setiap kali orangtua marah? Diabaikan oleh teman? Mengalami pelecehan seksual? Dipaksa bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup? Dipaksa melakukan segala sesuatu yang jadi ambisi orangtua? Diperlakukan berbeda dengan saudara kandung yang lebih disayang?
     Pelatihan ini lahir untuk menolong para remaja dan keluarga mengenali berbagai penyebab dan bentuk luka batin. Menyadari, menerima, dan memulihkan diri dari luka batin adalah proses yang harus dilalui. Tidak jarang diperlukan konseling untuk menanganinya.

2. PEMULIHAN KELUARGA TANPA AYAH

Harus diakui bahwa pergumulan melewati masa-masa ketiadaan ayah adalah hal yang tidak mudah. Tidak heran bila banyak keluarga tanpa ayah, mengalami banyak masalah. Mulai dari depresi, prestasi akademik di sekolah, pergaulan, hubungan dengan lawan jenis, tindakan kriminal.
Berbekal pengalaman pribadi, trainer melakukan penelitian dan selanjutnya menemukan bahwa banyak orang berhasil yang datang dari keluarga tanpa ayah. Ternyata tidak semua keluarga tanpa ayah gagal menyesuaikan diri. Ada pula yang berhasil melewati kesulitan itu dan berhasil menjadi pribadi yang tangguh melewatinya.
Peristiwa ketiadaan ayah tidak hanya sebatas pada kematian ayah, tapi termasuk juga perceraian, ayah yang pergi namun tak kunjung kembali. Tidak heran bila jumlah keluarga tanpa ayah semakin meningkat dari tahun ke tahun.
Training ini secara khusus ditujukan pada ibu dan anak-anak dari keluarga tanpa ayah maupun orang-orang yang memiliki keluarga dekat yang sudah tidak lagi memiliki ayah. Dengan harapan agar keluarga tanpa ayah memperoleh motivasi untuk berhasil melewati pergumulan akibat ketiadaan ayah.

II. LEVEL PESERTA

Program Membangun Karakter (Character Building) ini dirancang dengan kurikulum yang satu kesatuan. Oleh karena itu, kami merindukan adanya pelatihan yang secara berkelanjutan.
Adapun program ini dapat dilakukan dalam 2 bentuk, yaitu:

1. T.O.C (Training of Community)

Pelatihan ini dilaksanakan secara langsung kepada peserta yang rindu mengetahui atau ingin mengalami pemulihan luka-luka batin secara pribadi.

2. T.O.T (Training of Trainers)

Pelatihan ini akan menolong para peserta untuk menjadi pembimbing orang lain dalam pemulihan luka-luka batin. Pelatihan ini lebih efektif dan efisien karena para peserta akan dilatih menjadi trainer.

III. BENTUK KEGIATAN

1. Inhouse Training; Pelatihan yang dilaksanakan di institusi penyelenggara (pihak yang mengundang)
2. Training Reguler; Pelatihan yang kami laksanakan secara bertahap
3. Retreat; Dirancang unik, yaitu setiap acara, games dan suasana dirancang sebagai satu kesatuan yang saling mendukung.

Garis besar acara pelatihan sebagai berikut:

  1. Saat Teduh
  2. Devotion
  3. Lokakarya
  4. Tes luka-luka batin
  5. Uji dan Bentuk Pemulihan luka-luka batin: games & outbond
  6. Refleksi

IV. BAHAN DAN MODUL

Pelaksanaan program Pemulihan Luka-luka Batin ini dirancang dengan kurikulum yang satu kesatuan, yaitu adanya modul dan buku-buku untuk setiap pelatihan yang ditulis berdasarkan latar belakang penulis yang memiliki latar belakang yang sangat siginifikan, yaitu segi Psikologi, Pendidikan, dan Theologia.

book2

Buku-buku tersebut telah terdaftar di Perpustakaan Nasional dan sudah memiliki ISBN (International Standart Book Number).

V. CARA BEKERJASAMA / MENGUNDANG KAMI

Kami merindukan gerakan pemulihan luka-luka batin ini menjadi gerakan kita bersama. Oleh karena itu, silahkan hubungi kami dengan beberapa cara, antara lain:

1. Masukkan data dan pesan Anda melalui kolom Hubungi Kami di website ini atau

  •  email: bhaktiar78@gmail.com

2. Hubungi kami melalui Bpk. Bhaktiar: telepon/WA: +62-85574705671; atau +852-6099 5100

3. Alamat surat menyurat:

PERUMAHAN CITRA SENTOSA B/6

JL. LAKARSANTRI. SURABAYA. JAWA TIMUR

 

VI. PEMBIAYAAN PELATIHAN

Kami merindukan gerakan pemulihan luka-luka batin ini menjadi gerakan kita bersama. Oleh karena itu, jika kami diundang atau melaksanakan inhouse, kami tidak membuat standar atau tarif tertentu dalam hal pembiayaan training ini. Kami menyerahkan segala kebijakan sesuai dengan ketentuan setiap lembaga atau pribadi yang mengundang kami, baik itu berupa viaticum, persembahan pembicara atau honor pelatih.

Menu